Minggu, 13 September 2009

Jasa Seorang "Pahlawan" di Tugu Pahlawan

Pak Amar adalah salah satu petugas keamanan yang bekerja di Tugu Pahlawan. Dia sudah bekerja sebagai seorang petugas keamanan di Tugu Pahlawan selama 7 tahun. mulai bekerja pada tahun 2002, dua tahun setelah museum Tugu Pahlawan di buka. Dulunya, tidak terdapat museum, hanya monumen Tugu Pahlawan sajaa. Museum didirikan pada tahun 1997, dan baru diresmikan pada tahun 2000 oleh Presiden Abdurrahman Wahid.
Museum Tugu Pahlawan dibuka pada pukul 07.00-15.00, setelah itu pengunjung yang hendak berkunjung dilarang masuk, kecuali telah mendapat izin dari kantor. pada pagi dan malam hari terdapat 4 petugas keamanan yang tugas jaga. masing-masing di pintu depan timur1 dan barat 1 yaitu untuk parkiran motor, sedangkan di pintu belakang terdapat penjaga untuk parkiran mobil.
Menjadi seorang petugas keamanan adalah pekerjaan yang gampang-gampang sulit. terutama pada hari Minggu, semua petugas keamanan dikerahkan untuk mengawasi museum yang banyak barang berharganya. karena pengunjung pada hari Minggu bisa dibilang cukup banyak. selama Pak Amar bekerja sebagai petugas keamanan belum pernah ada kasus-kasus seperti pencurian atau perampokan barang-barang museum, paling parah hanya kerusakan yang dilakukan oleh pengunjung, terutama anak-anak muda yang usil. selain itu, ada juga terdapat beberapa pasang muda-mudi yang menjadikan areal Tugu Pahlawan sebagai tempat berpacaran.
Prioritas petugas keamanan Tugu Pahlawan adalah "kenyamanan pengunjung adalah prioritas kami". Maka, bisa dibilang Pak Amar dan petugas keamanan yang lain merupakan "pahlawan" yang melindungi tempat-tempat bersejarah.
Joan Sabrina - 51408023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar