Kamis, 10 September 2009

Tugu Pahlawan Sepi Pengunjung di Bulan Puasa


Ria Vinesha W. | 51408025

Surabaya – StarNews

Monumen kebanggaan warga Surabaya tampak sangat sepi ketika dikunjungi oleh StarNews hari Rabu lalu (9/9). Di areal Tugu Pahlawan tersebut hanya terlihat kesibukan beberapa kelompok mahasiswa UK Petra yang sedang praktik lapangan bersama seorang dosen pembimbing. Tidak kelihatan sama sekali adanya aktifitas lainnya di areal yang sangat luas tersebut.

“Memang biasanya tidak banyak pengunjung yang datang ke sini di bulan puasa. Apalagi cuaca sangat panas menyengat kayak gini,” kata Edi (37 tahun), satpam Tugu Pahlawan yang ditemui di tempat kerjanya. “Tapi biasaanya di hari Minggu tetap ada beberapa pengunjung yang datang meskipun tidak seramai di luar bulan puasa,” lanjutnya.


Dari pengamatan StarNews, memang cuaca sangat panas menyengat di areal Tugu Pahlawan. Hanya ada beberapa pohon tidak begitu rindang di pojok lapangan yang bisa dijadikan naungan peneduh dari sengatan sinar matahari siang hari yang sangat menyengat itu. Hampir sebagian besar areal kompleks Tugu Pahlawan berupa lapangan terbuka yang sangat luas tanpa ada tempat berteduh yang memadai.


Edi, satpam Tugu Pahlawan yang sudah bekerja di sana selama satu setengah tahun itu mengatakan bahwa kemungkinan besar orang-orang enggan berjunjung ke Tugu Pahlawan karena mereka sedang menjalani ibahdah puasa di Bulan ramadhan ini. “Wah, bisa jebol puasanya. Apalagi sinar matahari panas menyengat begini. Mana ada yang bisa tahan,” pungkasnya.

1 komentar: