Jumat, 11 September 2009

Pahlawan Tugu Pahlawan


Stanislaus Sidik
51408063


Surabaya, Sixnine Journal -- “Saya mengabdi dengan bekerja di tempat ini. Merdeka!” kata Edi sambil memekikkan salam keramat bangsa Indonesia ketika dia ditanya oleh reporter TMMB tentang motivasinya bekerja di Tugu Pahlawan. Edi adalah salah satu anggota satuan pengamanan Tugu Pahlawan.

Edi yang berperawakan tinggi tegap ini mengaku sudah bekerja sebagai anggota satuan pengamanan di Tugu Pahlawan sejak 1,5 tahun yang lalu. Menurutnya, tugasnya sangat membanggakan karena dia bisa ikut berpartisipasi dalam melestarikan peningggalan-peninggalan bersejarah yang tersimpan di areal Tugu Pahlawan. Tugasnya terasa ringan karena dia menikmati tugasnya dan di sana tidak banyak kejadian yang membutuhkan perhatian dirinya. “Sangat jarang sekali ada pengunjung yang perlu ditegur, mencuri atau merusak,” katanya.

Ketika ditanya reporter TMMB tentang pengalamannya yang paling mengesankan, Edi yang berusia 37 tahun ini menjawabnya sambil tertawa, ”Saya bisa foto-foto dengan artis-artis yang datang ke sini.” Dia juga mengatakan bahwa momen yang sangat membanggakan dirinya adalah ketika bisa bertemu dan berjabat tangan dengan pejabat-pejabat yang sedang berkunjung ke Tugu Pahlawan.

Di akhir wawancara, dengan nada yang sangat serius Edi bertutur bahwa perlu ada penambahan koleksi benda-benda bersejarah yang dikoleksi dan dipajang di Museum Tugu Pahlawan. Selain itu, “Adik-adik seluruh rakyat Indonesia khususnya Surabaya, marilah kita menjaga kelestarian Tugu Pahlawan,” pesan Edi di akhir perbincangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar