Minggu, 13 September 2009

Museum Sepuluh November

(nonik, 51408067)

Kunjungan saya kali ini ke tempat bersejarah bernama Monumen Tugu Museum 10 November yang masih berada di seputar areal Tugu Pahlawan, Museum ini terletak di Jalan Pahlawan, Kecamatan Bubutan, Surabaya. Museum ini didirikan untuk melengkapi fasilitas informasi kepahlawanan pemuda Surabaya yang diabadikan melalui Tugu Pahlawan. Namun, yang saya bahas kali ini seputar benda-benda bersejarah yang ada di Museum Sepuluh November. Menariknya Museum ini memiliki benda-benda bersejarah dan diorama statis (semacam tiruan untuk menggambarkan sebuah peristiwa) yang menggambarkan situasi saat itu dan pidato Bung Tomo yang membakar semangat. Ada juga papan nama untuk para pahlawan tak dikenal, senjata-senjata peninggalan yang masih tampak terawat, juga ada patung saat pejuang Indonesia mencoba mempertahankan bendera negara, dll. Benda-benda tersebut dijaga dengan baik oleh para penjaga yang ada di Museum, hal ini terlihat pada saat saya memasuki dan melakukan pengamatan.
Dalam bangunan yang terbilang cukup unik tersebut karena penataan ruang yang menarik dan simpel terdapat sejumlah peraturan yang harus diikuti oleh para pengunjung, salah satunya seperti larangan untuk memotret, hal ini dilakukan oleh tim keamanan setempat untuk menghindari plagiat yang tidak bertanggungjawab, karena hal tersebut saat menuruni anak tangga saya berusaha memotret sembunyi-sembunyi, saya menggunakan tangga turun karena lift dan elevator yang ada sedang tidak dapat beroperasi.
Kemarin saat saya mengunjungi tempat peninggalan sejarah tersebut suasana tampak lengang dan sedikit sekali yang berkunjung, dapat dikatakan hanya kami rombongan UK Petra yang menyemarakkan Museum pada siang hari. Berkunjung ke obyek wisata seperti Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November dapat menambah wawasan kita dalam mengetahui sejarah Kota Surabaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar