Minggu, 13 September 2009

monumen nasional yang terlupakan


Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan, banyak kenangan peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Surabaya. perjuangan para warga kota Surabaya untuk merebut kemerdekaan bagi Indonesia. untuk mengenang hal tersebut peristiwa perjuangan para warga kota Surabaya, maka berdirilah sebuah monumen yang mempunyai nilai historis tinggi sekaligus menjadi kebanggaan kota Surabaya. kita kenal sebagai Monumen Tugu Pahlawan, monumen ini didirikan pada tahun 1951, peletakan batu pertama kali dilakukan oleh Presiden Soekarno. dan pada tahun 1952 diresmikan.

Disekitar halaman monumen ini dapat kita lihat dekorasi taman yang indah dan rindang berbagai patung tokoh-tokoh bersejarah mulai dari bung Tomo hingga Gubernur Suryo, selain itu juga terdapat beberapa artileri dan tank yang terpampang disekitar area monumen.

Di dalam tugu Pahlawan terdapat Museum Perjuangan 10 November 1945, terdapat berbagai macam koleksi didalamnya antara lain radio, sepatu, pisau dan senjata yang digunakan oleh tentara sekutu dan tentara jepang. Di dalam museum ini terdapat diorama statis yang menceritakan tentang peristiwa Hotel Yamato dan perobekan bendera belanda dan museum ini juga memiliki studio memutar video mengenai peristiwa 10 november ini. semua benda yang terdapat disini masih tersimpan dan tertata rapi didalam setiap sudut gedung museum ini.

Disini kita menemukan wajah asli kota Surabaya yang warganya gigih berjuang untuk meraih hidup yang lebih baik, amat disayangkan apabila anda sebagai warga kota Surabaya belum mengunjunginya, karena ini merupakan ikon Surabaya. sepatutnya bagi kita untuk melestarikan dan menjaga aset penting kota Surabaya.


oleh: indra 51406118

Tidak ada komentar:

Posting Komentar