Minggu, 13 September 2009


SALAH SATU IKON SURABAYA
Surabaya memiliki beberapa ikon yang sangat terkenal. Salah satunya adalah Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November. Museum Sepuluh November yang berlokasi di dalam lapangan Tugu pahlawan ini telah terkenal sebagai salah satu tujuan wisata kota Surabaya.
Museum yang diresmikan pada tahun 1998 ini sangat terjamin kebersihannya. Tidak ada kotoran dalam setiap ruangannya. Semuanya terawat dan kelihatan bersih. Begitupula, dengan suasana dalam museum tersebut. Suasananya sangat hening sekali.
Di museum ini, setiap barang memiliki nilai sejarah masing-masing. Senjata tradisional khas arek-arek suroboyo yang dipergunakan dalam pertempuran melawan Tentara sekutu pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 dapat dilihat dalam sebuah kotak kaca. Berbagai koleksi foto dan lukisan serta senjata-senjata yang dipakai waktu itu unutk melawan penjajah. Selain itu, kita juga dapat mendengarkan pidato Bung Tomo yang sangat berapi-api untuk membangkitkan gelora dan hasrat rakyat akan kemerdekaan dari sebuah radio kuno. Tak lupa juga, aksi kepahlawanan arek-arek suroboyo melawan musuh dengan hanya menggunakan senjata sederhana yaitu bambu runcing yang digambarkan dalam beberapa diorama statis. Peninggalan benda-benada bersejarah ini yang terus dirawat sangat menarik dan unik.


viany urjel_51408039

Tidak ada komentar:

Posting Komentar