Minggu, 13 September 2009

tugas TMMB MaureenSisilia 51408015

Mengintip Museum di Dalam Tugu Pahlawan

Surabaya yang terkenal dengan sebutan kota pahlawan memiliki beberapa bangunan yang menyimpan sejarah perjuangan rakyat Surabaya. Salah satunya adalah Tugu Pahlawan.Tugu yang didirikan pada tahun 1951 tersebut memiliki sebuah museum yang bernama Museum 10 November. Museum tersebut menyimpan barang-barang bersejarah pada masa rakyat Surabaya ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia.
Museum 10 November yang diresmikan pada tahun 1998 tersebut terbagi atas dua lantai, yaitu lantai dasar dan lantai atas. Memasuki museum di lantai dasar terdapat ruang pameran yang berisi benda-benda sejarah yang digunakan dalam peperangan, patung-patung yang menggambarkan perjuangan arek-arek Suroboyo, serta foto-foto yang memperlihatkan keadaan kota Surabaya tempo dulu. Di dalam museum lantai dasar terdapat gugus patung yang bermacam-macam. Patung-patung tersebut ada yang menggambarkan suasana saat beberapa anggota masyarakat mendengarkan pidato Bung Tomo dari siaran langsung RRI. Tepat di tengah-tengah ruangan, terdapat gugusan patung yang melingkar cukup besar. Pada lingkaran tersebut terdapat patung-patung berbentuk manusia yang memperlihatkan keadaan pemuda-pemuda yang berjuang sampai titik darah penghabisan.
Selain itu, di museum lantai dasar juga terdapat koleksi pidato Bung Tomo, koleksi bambu runcing yang digunakan rakyat Surabaya di dalam pertempuran 10 November dengan panjang yang bermacam-macam, auditorium dan diorama elektronik yang digunakan untuk memutar film tentang perjuangan, serta foto-foto dan lukisan yang menggambarkan kota Surabaya tempo dulu. Semua benda-benda tersebut tertata dengan rapi dan masing-masing memiliki tulisan-tulisan yang memberikan keterangan tentang arti dari benda tersebut.
Pada satu sisi dari museum lantai dasar terdapat tangga yang menuju ke museum lantai dua. Di lantai dua terdapat dua lorong gelap yang terbuka dan bertuliskan ”diorama statis”. Memasuki diorama statis tampak miniatur-miniatur yang dilindungi kaca bening, miniatur-miniatur tersebut memperlihatkan suasana-suasana yang berbeda satu sama lain. Ada suasana saat upacara, ada suasana pelantikan, ada pula suasana kapal yang sedang berlayar di perairan. Masing-masing miniatur memiliki peristiwa yang bersejarah di masa perjuangan. Selain diorama, di lantai dua museum tersebut juga terdapat koleksi senjata yang digunakan pejuang dalam pertempuran 10 November. Semua jenis senjata tempur terdapat di museum lantai dua. Di lantai dua juga terdapat radio milik Bung Tomo serta foto-foto dan lukisan para pejuang yang turut berpartisipasi dalam perebutan kemerdekaan Indonesia.
Museum 10 November adalah salah satu bangunan yang penting di Surabaya karena menyimpan banyak rahasia sejarah perjuangan rakyat Surabaya yang tidak banyak diketahui masyarakat saat ini. Museum tersebut adalah saksi bisu yang menggambarkan kegigihan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Dari museum itu kita dapat belajar serta mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur demi mencapai kebebasan yang kita rasakan saat ini.



Maureen S.A/51408015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar