Sabtu, 12 September 2009

Share tentang manfaat Museum Tugu pahlawan bagi masyarakat Surabaya

Klarensius A.P( NRP:51408051)



Surabaya-Publik spot news.

Tugu pahlawan adalah merupakan monumen bersejarah di Indonesia yang lokasinya berada di Pusat kota Surabaya. Selain sebagai monuemen bersejarah, Tugu pahlawan ini memiliki manfaat yang penting bagi anak bangsa Indonesia, terutama warga masyarakat Surabaya, agar masyarakat Surabaya dan masyarakat Indonesia dapat mengetahui betapa susahnya dulu memperebutkam kemerdekaan. Seperti yang dikunjungi oleh tim dari Jurnalistik Publik spot news, yang berdialog dengan salah salah pengunjung. Salah satu pengunjungnya adalah Pak Ricky. Memang Tugu Pahlawan ini salah satu cagar budaya yang harus dilindungi, karena Tugu Pahlawan merupakan tempat yang bersejarah di Kota Surabaya pada masa itu, agar cagar budaya tersebut tidak punah, ujarnya.

Pak Ricky mengatakan bahwa, memang keadaan masyarakat Indonesia saat sekarang ini terhadap budaya atau benda-benda bersejarah terutama Tugu Pahlawan, kurang mengetahuinya, karena minimnya informasi seperti terdapatnya sebuah museum Tugu Pahlawan. Selain itu, masyarakat Surabaya serasa enggan untuk berkunjung ke Tugu Pahlawan, entah apa yang terjadi, ujar dari Pak Ricky. Sebenarnya, manfaat dari Tugu Pahlawan dan museum Tugu Pahlawan tidak hanya sebagai cagar budaya saja dan rekreasi, melainkan tempat untuk belajar mengenai sejarah berdirinya Tugu Pahlawan. Tidak hanya itu, Pak Ricky memaparkan didalam museum Tugu Pahlawan itu terdapat benda-benda bersejarah seperti Foto-foto para pejuang pada masa penjajahan Belanda, terus senjata-senjata yang disimpan pada masa perang tersebut, kemudian ada lagi Diorama-diorama yang menggambarkan bagaimana situsasi pada saat itu, agar masyarakat Surabaya dapat mengetahuinya dengan secara jelas.

Saya sangat bangga terhadap museum Tugu Pahlawan ini, karena dapat menambah wawasan bagi sejarah dalam mempelajari Sejarah kota Surabaya, Ujar Pak Ricky.

Yang harus dilakukan sebagai warga negara Indonesia yang baik adalah menjaganya dengan secara bersama-sama, agar tidak punah cagar budaya Tugu pahlawan tersebut. Pak Ricky juga mengatakan, yang harus dilakukan sebagai arek-arek Suroboyo dalam meneruskan perjuangan-perjuangan para pahlawan yang telah mendahului kita adalah, belajar dengan rajin dan penuh semangat dalam belajar. Pantang menyerah dalam menghadapi sebuah rintangan yang menghalangi kita, agar kita tetap semangat menghadapi tantangan kita kedepan, agar kita tidak dihina oleh bangsa-bangsa lain.

News Angle:

Berita yang diangkat ini melihat dari manfaat dari Tugu Pahlawan dan Museumnya bagi para pengunjung.


News value:

Prominence:

Karena museum Tugu Pahlawan adalah tempat yang paling berharga dan bersejarah bagi Masyarakat Surabaya dan lebih luas lagi masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar